Update Terbaru Fallout 76

Tidak sedikit fans berat game Fallout di dunia ini. Baik kamu memainkannya di PC, PS4, atau Xbox One. Game karya Bethesda ini telah mengakar di hati para gamer dan tentunya memiliki tempat yang spesial sehingga sering sekali seri game ini memenangkan Game of The Year. Namun kita sebagai fans terkadang memiliki ekspektasi dan kekhawatiran sendiri karena kecintaan kita kepada game ini. Apa saja sih kira-kira harapan dan katakutan yang fans Fallout miliki seiring dengan akan rilisnya game Fallout 76?

Harapan
1. Home Improvement

Mekanisme settlement diperkenalkan di Fallout 4, dan kalau bisa dibilang sistem tersebut tidak buruk. Di Fallout 76, pemain akan diperkenalkan dengan sistem “C.A.M.P” atau Construction and Assembly Mobile Platform yang dimana sistem ini akan membuat pemain untuk membangun settlement dimana saja mereka mau. Dan dengan tampilan layaknya The Sims, sepertinya Fallout 76 akan menyajikan sesuatu yang unik terhadap pengalaman bermain para gamer.

2.  Raids dan Public Events

Fallout 76 memiliki misi untuk membangun suatu komunitas atau ekosistem yang dimana para pemain akan selalu memiliki hasrat bermain dan menjelajahi dunia yang luas dan dinamik. Disini lah kami berharap fitur raid dan public event akan selalu membuat game Fallout 76 tampil segar dan tidak membosankan. Kita bisa lihat seperti video dibawah ini:

3. Map yang Lebih Luas dan Variatif

Bethesda selalu memiliki prioritas untuk membuat dunia dari game yang mereka buat agar selalu memanjakan para pemain. Mulai dari tempat-tempat bersejarah yang menarik, karakter-karakter baru, dan banyak hal lainnya. Tapi apakah benar nantinya map yang ada di Fallout 76 akan memiliki luas empat kali lebih luas daripada Fallout 4 seperti yang mereka janjikan? Kami berharap demikian.

4. Memberikan sensasi dunia fallout adalah rumah baru bagi para gamer

Aspek yang tidak pernah terlewati oleh Bethesda adalah terciptanya dunia yang memiliki ikatan mendalam bagi para gamer. Kami berharap game Fallout 76 ini akan memberikan sensasi tersebut. Misalnya, ketika kita sudah membebaskan suatu zona dari serangan musuh maka zona tersebut akan selalu bebas, kecuali memang jika diserang lagi oleh musuh.

Ketakutan
1. Kehilangan Progress Yang Sudah Kita Bangun

Ketakutan terbesar kami adalah pada saat di trailer E3, sang narator bilang “but don’t become too attached too quickly.” Kemudia kita langsung diperlihatkan adegan beberapa makhluk dan robot yang menghancurkan settlement yang sudah kita bangun. Kita bahkan kemudian tahu bahwa settlement kita bisa dihancurkan oleh ledakan nuklir. Dengan informasi ini, maka kami bertanya-tanya “Kok sepertinya bangun settlement malah jadi resiko ya.” Apakah nantinya settlement yang sudah berjam-jam kita bangun bisa dihancurkan begitu saja dalam sekejap? Jadi percuma.

2. Sistem PVP yang Tidak Bisa Dikontrol

Dalam topik interaksi para gamer di game Fallout 76, Bethesda tidak terlalu membeberkan secara jelas. Kita tahu bahwa Fallout 76 dapat dimainkan secara online solo. Nah, akan tetapi kalau kamu bermain online solo tersebut, seberapa aman sih kamu dari player lain? Apakah kamu harus selalu lihat kanan, kiri, depan, dan belakang untuk selalu waspada dari serangan player lain? Padahal kamu sedang dalam suatu misi. Tapi dalam salah satu interview dengan Todd Howard dalam acara E3, dia menyebutkan bahwa Bethesda tidak mau gamer terjebak dalam kondisi yang selalu khawatir untuk diserang oleh player lain. Tapi, sistemnya seperti apa, kita masih belum tahu.

3. Cerita Fallout 76 Tidak Bermakna

Bethesda telah memberikan konfirmasi bahwa NPC manusia tidak akan ditemui di game Fallout 76. Jadi, misi-misi dan elemen cerita yang kamu dapatkan nanti akan berasal dari holotapes dan robot-robot. Kalau dikaitkan dengan kondisi Fallout 76 yang selalu online, hal itu membuat kami khawatir bahwa cerita yang nanti disuguhkan oleh Fallout 76 tidak memiliki makna sama sekali.

4. Pengambilan Keputusan yang Tidak Bermakna

Yang terakhir, salah satu aspek keren dari Fallout franchise adalah sistem pengambilan keputusan dari player. Dengan sistem yang diterapkan di Fallout 76, terlebih lagi tidak adanya NPC manusia, kami khawatir pengambilan keputusan malah berujung ke hal yang tidak memiliki efek sama sekali terhadap perjalanan gamer.