Detail The Last of Us Part II

Ingat kah teman-teman waktu pertama kali Naughty Dog mengumumkan The Last of Us: Part II lewat trailer nya yang singkat dan misterius pada tahun 2016? Wow, lama juga ya ternyata, sudah 2 tahun yang lalu. Semenjak itu hasrat para fans makin menggebu-gebu untuk tahu lebih banyak lagi. Apa saja sih updatenya sampai dengan saaat ini?

Kamu akan dominan bermain sebagai Ellie

Di Last of Us yang pertama, kamu dominan bermain sebagai Joel. Namun, di sequelnya kali ini, kamu akan bermain sebagai Ellie, dan nampaknya kalau dilihat dari cerita secara keseluruhan, semua aspek akan lebih mengedepankan Ellie sebagai pusat perhatiannya. Di trailer awal, kita sama sama melihat Ellie yang tampak lebih dewasa sedang bermain gitar sambil bernyanyi di dalam rumah yang penuh dengan mayat, diakhiri dengan dia bersumpah untuk membunuh “every last one”. Meskipun belum jelas apa yang dia maksud, tapi kita setidaknya sudah sama-sama tahu dari video gameplay yang sebelumnya sudah rilis bahwa Ellie secara brutal membunuh kawanan penjahat.

Cerita, Tema, dan Karakter Lain

Layaknya di game pertama, The Last of Us: Part II memiliki latar belakang di dunia yang sudah rusak yang dimana kamu akan melawan manusia dan juga makhluk seperti zombie yang terinfeksi oleh Cordyceps Fungus. Part II akan mengambil cerita setelah event game pertama, Ellie sudah 19 tahun, dan berdasarkan penulis sekaligus sutradara Neil Druckmann, Ellie telah menemukan “kedamaian dan kehidupan normal.”Kita juga diberi informasi bahwa sebagian besar dari game ini mengambil latar belakang di Seattle dengan tema utama dari game ini adalah “Kebencian” (Sekedar informasi bahwa tema dari game pertama adalah “Cinta”) Di trailer brutal yang ditampilkan dalam acara Paris Game Week 2017, kita diperkenalkan oleh kepada 4 karakter baru: Yara, Lev, Emily, dan karakter tak bernama yang diperankan oleh artis Laura Bailey (Uncharted 4, Gears of War 4).

Dimana Joel ?

Joel sangat jarang kita lihat tampil di trailer, meskipun suaranya ada di trailer pertama, namun sosoknya tidak pernah ditampilkan. Akan tetapi, Joe akan tampil di The Last of Us: Part II — Aktor Troy Baker akan kembali memerankan karakter ini, namun tetap tidak jelas peran Joel ini akan seperti apa dalam konteks cerita nya. Pada saat ditanya apakah Joel mati di game ini, Druckmann menjawab “no one is safe” dalam game The Last of Us: Part II.

Sistem Combat

Sistem combat secara keseluruhan masih mirip dengan game pertama, namun ada banyak aspek yang mendapatkan update. Rekan sutradara Anthony Newman dan Kurt Margenau telah memberikan konfirmasi bahwa dynamic dodges, healing animations, dan lain-lain akan berada dibawah kendali gamer selama bermain. Ellie sekarang dapat menunduk dan merangkak ke bawah mobil, dan cara Ellie dalam menghindari serangan akan bergantung terhadap senjata apa yang digunakan, sudut pada saat dilakukannya serangan, dan faktor-faktor lain. Dan adapula mekanisme spesifik terhadap musuh yang menggunakan panah; ketika ada panah yang menancap ke tubuh Ellie, hal itu akan menyebabkan berkurangnya daya bidik target dan kemampuan bertarung dirinya. Jadi kamu harus menemukan waktu dan tempat yang tepat untuk mengeluarkan panah dari tubuh Ellie.

Fitur Multiplayer

Pada game pertamanya, The Last of Us memiliki sistem multiplayer yang bernama Factions, yang dimana secara mengejutkan mendapat sambutan yang baik dari para gamer. Di dalam sebuah interview, Newman dan Margenau memberikan konfirmasi bahwa fitur serupa akan di tampilkan pada game The Last of Us: Part II ini.

Kapan Rilis?

Pihak Naughty Dog belum memberikan informasi resmi terkait tanggal rilis game The Last of Us: Part II untuk PS4 sampai detik ini.